CEK DULU!!
Loading...

Pengenalan OpenFlow Spec 1.2

open flow

OpenFlow adalah protokol komunikasi (communication protocol) yang memberikan akses ke forwarding plane dari switch atau router melalui jaringan. OpenFlow memungkinkan pengontrol jaringan untuk menentukan jalur paket jaringan di seluruh jaringan switch. OpenFlow merupakan communication protocol antara controller dengan OpenFlow Agent yang ada di dummy router atau switch. Jadi perangkat dummy hanya melakukan fungsi forwarding atau fungsi otot dan tidak melakukan fungsi control plane atau fungsi otak, karena untuk control plane itu hanya ada di controller sebagai fungsi otak tersebut.

Pada Desember 2011, ONF merilis OpenFlow Switch Specification untuk versi 1.2. Ini adalah versi pertama yang mendukung pencocokan paket IPv6. OpenFlow 1.2 dapat menyesuaikan IP Protocol (Jenis Ethernet 0x86dd = IPv6), IPv6 alamat source/destination, traffic class, flow label, dan ICMPv6. Ini setidaknya awal untuk memungkinkan traffic IPv6 unicast dan multicast untuk mencocokkan dan tabel OpenFlow dalam sebuah switch.

Versi sebelumnya dari spesifikasi OpenFlow menggunakan struktur tetap statis untuk menentukan ofp_match, yang mencegah ekpresi fleksibel dari pencocokan pertandingan dan mencegah penyertaan pencocokan baru. ofp_match telah diubah menjadi struktur TLV, yang disebut OpenFlow Extensible Match (OXM), yang secara dramatis meningkatkan fleksibilitas.
Dalam struktur statis sebelumnya, banyak field yang kelebihan beban. Misalnya pada tcp.src_port, udap.src_port, dan icmp.code menggunakan entri field yang sama. Sekarang setiap field memiliki tipe uniknya sendiri.

Fitur-fitur pada OpenFlow Spec 1.2:

  • Fleksibel dan tersusun pada struktur TLV yang disebut OXM
  • Mengizinkan fleksibel expression dari pencocokan, dan fleksibel bitmasking
  • Sistem prasyarat untuk memastikan konsistensi pada saat pencocokan
  • Menghapus Overloading
  • Memodifikasi VLAN agar lebih fleksibel
  • Menambahkan kelas vendor dan pencocokan experimenter
  • Mengizinkan switch untuk kebutuhan override


0 komentar:

Posting Komentar