CEK DULU!!
Loading...

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Remote Desktop Connection (RDC) pada Windows 10

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389. - id.wikipedia.org

 Mengaktifkan Remote Desktop Connection (RDC) pada Windows 10

Secara default fitur Remote Desktop Connection pada Windows 10 masih di nonaktifkan. Oleh karena itu, pertama-tama harus kita aktifkan terlebih dahulu.

  • Buka Start Menu dan ketikkan allow remote access to your computer. Kemudian tekan Enter
  • Maka akan muncul tampilan System Properties. Kemudian klik tab Remote.
  • Kemudian beri checklist pada Allow Remote Assistance connection to this computer. Jika muncul pop up baru, klik tombol OK.
  • Klik tombol OK. Bila sampai disini sudah berjalan dengan baik dan tanpa kendala, maka anda sudah berhasil mengaktifkan RDC pada komputer anda.

Mengakses Komputer Lain dengan Menggunakan Remote Desktop Connection (RDC) pada Windows 10

Sebelum kita mulai me-remote komputer lain, sebelumnya kita harus tau IP Address dari komputer yang akan kita remote. Kadang diperlukan juga username dan password. Pada tutorial kali ini, saya akan mencoba untuk me-remote server yang menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah saya ketahui.
  • Buka aplikasi Remote Desktop Connection dengan cara  klik Start Menu -> ketikkan Remote Desktop Connection, kemudian tekan Enter.

  • Maka akan muncul tampilan seperti dibawah. Kemudian isikan IP komputer yang di-remote pada isian Computer:
  • Karena server saya membutuhkan username dan password, saya harus mengisikan username nya terlebih dahulu. Caranya dengan klik tombol Show Options. Dari situ saya juga dapat mengisi user name yang akan dituju pada kolom User name:.
  • Setelah itu klik tombol Connect. Jika ada dialog peringatan, klik Yes. Dan kamu pun berhasil masuk ke komputer yang akan di remote.


3 komentar: Leave Your Comments