CEK DULU!!
Loading...

Cara Kerja, Kelebihan, Kelemahan Harddisk dan Optical Disk

HARDDISK

harddisk
Harddisk

Konsep

Harddisk sebenarnya terdiri atas beberapa platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam yan dilapisi oleh rumah atau casing yang kuat. Banyaknya piringan bergantung pada teknologi yang digunakan noleh disk itu dan jumlah data yang perlu disimpan. Piringan-piringan itu terbuat dari metal dan mengandung jutaan magnet kecil yang disebut magnetic domain. Domain-domain ini diatur dalam satu atau 2 arah untuk mewakili 0 dan 1.

Cara Kerja

Dilakukan pengaksesan terhadap harddisk untuk melihat dan menentukan di lokasi sebelah mana informasi yang dibutuhkan ada di dalam ruang harddisk. Ketika informasi ditemukan, akan ada permintaan supaya mengirimkan informasi tersebut melalui interface harddisk untuk memberikan alamat yang tepat (sektor berapa, track berapa, silinder mana) dan setelah itu informasi/data pada sector tersebut siap dibaca. Pengendali ini akan menyuplai informasi tersebut secara langsung, tanpa harus melihat lagi ke permukaan pelat itu karena seluruh informasi yang dibutuhkan sudah dihidangkan di dalam buffer. Papan pengendali yang ada di dalam harddisk menerjemahkan instruksi tentang alamat data yang diminta dan selama proses itu berlangsung, ia akan senantiasa siaga untuk memastikan pada silinder dan track mana informasi yang dibutuhkan itu tersimpan. Mulailah head membaca track demi track untuk mencari sektor yang diminta. Proses inilah yang memakan waktu, sampai kemudian head menemukan sektor yang tepat dan kemudian siap membacakan data/informasi yang terkandung di dalamnya. Papan pengendali akan mengkoordinasikan aliran informasi dari harddisk menuju ke ruang simpan sementara (buffer, cache). Informasi ini kemudian dikirimkan melalui interface harddisk menuju sistem memori utama untuk kemudian dieksekusi sesuai dengan aplikasi atau perintah yang kita jalankan.

Kelebihan

  • Kapasitas besar. Semakin besar kapasitas penyimpanan, semakin lebih baik.
  • Harga. Konstruksi harddisk dengan kapasitas besar dalam hitungan GB (gigabyte) memiliki harga yang lebih murah dibandingkan SSD

Kekurangan

  • Berisik. Harddisk merupakan barang yang dapat dipindah-pindah, sehingga dapat menimbulkan noise kecil.
  • Rapuh. Fungsi mekanik dapat berimbas pada integritas data dan mungkin dapat menyebabkan data hilang atau rusak.

OPTICAL DISK

optical disk
Optical Disk

Konsep

Penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah.  Menggunakan laser untuk menulis dan membaca data. Dapat digunakan untuk menyimpan data yang volumenya sangat besar. Dapat membaca lebih cepat

Cara Kerja

Head CD-ROM memancarkan sinar laser, sinar laser ini merambat melalui sebuah frisma, lalu kembali melalui leser maghnetik yang membuat sinar leser menjadi lebih fokus. Sinar leser ini ditembakan ke permukaan CD yang memiliki ribuan pit. Pit-pit ini diterjemahkan menjadi kode biner yang dapat diterima oleh CPU. Jika sinar leser mengenai pit, sinar ini akan dibenarkan tetapi jika tidak leser akan dipantulkan kembali lalu menembus prisma dan memasuki sebuah dioda. Dioda ini membangkitkan pulsa elektik setiap kali menerima sinar leser. Pulsa elektrik tersebuk berupa angka 1 dan 0, dengan kata lain menjadi kode biner.

Kelebihan

Media optical disk seperti DVD memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan harddisk. Harga untuk satu DVD-R lebih murah dibanding harga satu harddisk.

Kekurangan

Tapi optical disk juga memiliki kelemahan, apabila bagian bawah dari DVD tersebut tergores maka data yang adapada DVD tersebut tidak akan terbaca. Selain itu kelemahan lainnya adalah tidak semua DVD atau CD dapat ditulis ulang hanya yang terdapat kode RW yang dapat ditulis ulang.

2 komentar: Leave Your Comments