CEK DULU!!
Loading...

Pengertian Memori dan Jenis Jenisnya

Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer.

Register

Register Memory

Register adalah sebagian kecil memori komputer yang dipakai untuk tempat penampungan  data dengan ketentuan bahwa data yang terdapat dalam register dapat diproses dalam berbagai operasi dengan melihat berapa besar kemampuan menampung register tersebut

Cache

Cache Memory

Cache adalah memory berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun keceptannya sangat tinggi. Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah.

Cache L1

Cache L1 merupakan Cache memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Cache ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.

Cache L2

Cache L2 memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun cache L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari cache L1.

RAM

RAM

RAM adalah berasal dari singkatan Random Access  Memory, RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).
Fungsi RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada PC atau komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses.

ROM

ROM

ROM adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Removable Disk

Removable Disk

Removable Disk merujuk pada media penyimpanan data portabel yang dapat dikoneksikan ke komputer, dan dicabut kembali tanpa membahayakan data di dalamya. Sebagai koneksi, biasanya menggunakan USB atau drive yang dipasang pada komputer.

Online Storage

Online Storage

Online storage merupakan Halaman Website yang menyediakan fasilitas untuk menyimpan data – data atau file dalam format tertentu di server penyedia layanan Online Storage. Dengan syarat user yang akan mengupload file harus terdaftar sebagai Anggota atau member.

Hard Drive

Hard Drive

Hard disk atau hard drive adalah mekanisme untuk menyimpan informasi pada komputer. Istilah hard disk atau hard drive mempunyai persamaan sebagai tempat untuk meyimpan data. Hard disk atau hard drive dalam bahasa inggris juga mempunyai padanan kata dengan storage device (peranti penyimpanan). Jadi definisi hard disk adalah tempat penyimpanan data yang utama pada sebuah komputer.

1 komentar: Leave Your Comments